DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH FAKTOR PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Alalak Tengah) | |
PENGARANG | : | PUSPITA DEWI SARAS KINASIH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-02-21 |
ABSTRAK
Puspita Dewi Saras Kinasih, 2024. Pengaruh Faktor Pendidikan dan
Pengetahuan Terhadap Perilaku Membuang Sampah Rumah Tangga
(Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Alalak Tengah). Skripsi
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargangeraan, jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial FKIP Univarsitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing Drs. Heru Puji Winarso, M.Si., M.A.P.
Kata kunci : Pendidikan, Pengetahuan, Perilaku Masyarakat Membuang Sampah
Sampah rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik dapat
menimbulkan masalah lingkungan yang serius, seperti pencemaran tanah dan air,
serta penyebaran penyakit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penting untuk
memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembuangan sampah
rumah tangga. Faktor pendidikan dan pengetahuan terhadap perilaku membuang
sampah dapat menjadi bagian penting dari upaya membangun masyarakat yang
lebih sadar lingkungan dan aktif dalam mendukung kewarganegaraan ekologis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh faktor
pendidikan dan pengetahuan terhadap perilaku membuang sampah rumah tangga
(studi kasus pada masyarakat Alalak Tengah). Jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang masyarakat.
Teknik yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Uji t untuk menguji tingkat signifikan dari pengaruh variabel
independen secara parsial terhadap variabel dependen. Uji dilaksanakan dengan
langkah membandingkan t hitung dengan t tabel dengan menggunakan SPSS Seri
26 ketentuan jika t hitumg > t tabel dan nilai signifinkan < 0,05 (α : 5 %).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh faktor
pendidikan dan pengetahuan terhadap perilaku membuang sampah rumah tangga
yang terlihat pada hasil uji t. melalui data yang diperoleh dapat di ambil
kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang
signifikan faktor pendidikan dengan pengetahuan terhadap perilaku membuang
sampah rumah tangga.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan Pemerintah dan lembaga
pendidikan dapat bekerja sama untuk meningkatkan akses pendidikan lingkungan
kepada masyarakat. Program-program pendidikan ini sebaiknya tidak hanya
difokuskan pada tingkat pendidikan formal, tetapi juga melibatkan pendekatan
informal melalui media massa, seminar, dan lokakarya di masyarakat.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI