DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG HURUF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 26 BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:RUSFIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


Rusfiati. 2018. Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Huruf dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick dan Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 26 Banjarmasin Timur. Skripsi S1 PG-PAUD Unlam Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd 
 
Kata Kunci: Hasil Capaian Perkembangan Kemampuan, kartu gambar, Talking Stick
 
Permasalahan yang diteliti yaitu dari 23 orang anak,  25% anak yang sudah mengenal lambang huruf sedangkan sisanya 75% belum mengenal lambang huruf. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran cenderung hanya diminta untuk menghafal lambang-lambang huruf tanpa menggunakan media. Selain itu anak jarang dilibatkan dalam dalam melakukan kegiatan pembelajaran, seringkali anak hanya mendengarkan dan melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan oleh guru, bahkan pembelajaran jarang sekali dilaksanakan melalui bermain. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok B. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian pada anak kelompok B dengan jumlah anak 23 orang yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 16 orang laki-laki pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, hasil perkembangan kemampuan berhitung anak. Analisis data yang digunakan interprestasi berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Media Kartu Gambar siklus I pertemuan I skor 20 kategori cukup baik, siklus II pertemuan II skor 33 kategori sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I dengan kategori cukup aktif, pada pertemuan IV aktivitas anak meningkat dengan kategori sangat aktif. Pada hasil pencapaian pengembangan anak juga mengalami peningkatan dan dikatakan telah berhasil karena hasil pengembangan pada siklus II pertemuan III dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Media Kartu Gambar meningkatkan kemampuan mengenal huruf, saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan pemilihan model pembelajaran, bagi kepala sekolah untuk memberikan masukan penggunaan media pembelajaran, bagi peneliti dapat menjadi inspirasi bagi peneliti berikutnya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI