DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN KLIEN PEMASYARAKATAN PROGRAM PEMBEBASAN BERSYARAT DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I BANJARMASIN
PENGARANG:DWI INDAH WAHYU WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-22


Dwi Indah Wahyu Wijayanti. Oktober 2023. PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN KLIEN PEMASYARAKATAN PROGRAM PEMBEBASAN BERSYARAT DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I BANJARMASIN. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, halaman. Pembimbing Utama: Prof. Dr. Mulyani Zulaeha, S.H., M.H. dan Pembimbing Pendamping: Prof. Dr. Hj. Rahmida Erliyani, S.H., M.H.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan mekanisme bimbingan terhadap klien pemasyarakatan yang menjalani program pembebasan bersyarat oleh Pembimbing Kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin dan apa saja kendala yang dihadapi oleh Pembimbing Kemasyarakatan dalam pelaksanaan bimbingan terhadap klien pemasyarakatan yang menjalani program pembebasan bersyarat di Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan sebuah metode penelitian hukum yang berupaya untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat, meneliti bagaimana bekerjanya hukum di masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mengenai bentuk dan mekanisme pelaksanaan pemberian bimbingan kepada klien pemasyarakatan program pembebasan bersyarat di balai pemasyarakatan kelas I banjarmasin yang berupa bimbingan kepribadian dan kemandirian dengan tujuan mengembalikan kepribadian klien serta kemandirian klien agar dapat kembali percaya diri sehingga mudah dalam mengembangkan potensi dirinya dan pengembangan pribadi serta prilaku ke arah yang lebih baik. Kedua, mengenai kendala pada pelaksanaan pembimbingan mulai dari kendala dari diri klien, kendala dari pembimbig kemasyarakatan, anggaran, wilayah kerja hingga sarana dan prasarana.
Kata Kunci (keyword): Pembimbingan, Pembebasan Bersyarat, Balai Pemasyarakatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI