DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA HIDUP AWAK KAPAL DAGANG DI DESA KALANIS KECAMATAN DUSUN HILIR KABUPATEN BARITO SELATAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:AHMAD RIZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-22


ABSTRAK

 

AhmadRizky2023.PolaHidupAwakKapalDagangDiDesaKalanisKecamatanDusunHilirKabupatenBaritoSelatanProvinsiKalimantanTengah.SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologi,JurusanIlmuPendidikanSosial,FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasLambungMangkurat.Pembimbing(I)SigitRuswinarsih (II) SyahlanMattiro.

 

Katakunci:PolaHidup, AwakKapal, Pedagang.

 

Parapedagangmenjajakanbarangdagangannyadisepanjangsungai.Secaraekonomi, kondisi fisik lingkungan yang banyak terdapat sungai telah mendorongterjadinya aktivitas perekonomian melalui sungai.Tujuan dalam penelitian iniuntukmenemukan:1)Untukmendeskripsikanpandanganhidupawakkapaldagangdi Desa Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir,Kabupaten Barito Selatan, ProvinsiKalimantan Tengah. 2) Untuk mendeskripsikan kehidupan sehari-hari awak kapaldagang di Desa Kalanis, KecamatanDusunHilir,Kabupaten Barito Selatan,ProvinsiKalimantan Tengah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yangdigunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Informan dalampenelitianiniterdapat5oranginforman.DengankriteriainformanyangditentukanyaituparapedagangyangsudahmenjajakandaganganyadiDesaKalanisdansudahberdagangselamakurunwaktulebihdari4tahun.Teknikpengumpulandatayangdigunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakanteknikreduksidata,penyajiandatadanpenarikan kesimpulan. Pengajian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasisumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pandangan hidup awak kapaldagangdiDesaKalanis,KecamatanDusunHilir,KabupatenBaritoSelatan,ProvinsiKalimantanTengahdibagimenjadiduayaknia.keiklasandalamberdagang yakni apa yang mereka lakukan adalah sebagai bagian dari kehidupanyang harus dijalani dengan penuh keiklasan. Kemudian b. kepatuhan dan ketaatanpada ajaran orang tua bahwa budaya berdagang yang dilakukan sejak lama dandilaksanakan secara turun-temurun (2) Kehidupan Sehari-hari awak kapal dagangdiDesa Kalanis,KecamatanDusunHilir, Kabupaten BaritoSelatan,ProvinsiKalimantanTengahadalahpersiapankeberangkatandisiapkanselamakurunwaktusatuharipenuh,perjalananketempattujuanditempuhdariNagarapadahariSabtudansampaikeKalanispadahariMinggu.Danaktifitasberdagangmendatangiyangdaerahaliran sungai, khususnyadaerah aliran sungaiBarito..

Berdasarkan dari hasil penelitian, disarankan kepada pedagang agar tetapmelanjutkan aktivitas dagangnya agar tidak hilang dan menjadi salah satu kearifanlokalKalimantan.Kepadamasyarakatdangenerasiselanjutnyaagarbisamembudayakanhal-haltradisionaldengancaramembelilewatpasartradisionaldankapaldagang.Kepadapemerintahagarmemperhatikandanmembantumelestarikankapaldagang,sertamembantumemperbaiki saranaprasaranakhususnya sungai.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI