DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPERCAYAAN TERHADAP RANJANG KUNING PADA MASYARAKAT BUGIS DI DESA GUNUNG BESAR KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:YUNITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-22


Yunita Sari, 2024. Kepercayaan Terhadap Ranjang Kuning Pada Masyarakat Bugis di Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, (II) Cucu Widaty.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Ranjang Kuning, Makna.

 

Sistem kepercayaan menjadi sebuah unsur kebudayaan dalam masyarakat. Salah satu pada masyarakat Bugis di Desa Gunung Besar yaitu pemeliharaan ranjang kuning dipercaya anak yang setelah lahir memiliki kembaran gaib yang tinggal pada ranjang kuning. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Gambaran kepercayaan masyarakat Bugis di Desa Gunung Besar dalam Mempercayai Ranjang Kuning (2) Makna yang terkandung dari kepercayaan ranjang kuning.

Metode yang digunakan di penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang dipilih secara purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, data display dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada 4 gambaran kepercayaan masyarakat Bugis di Desa Gunung Besar dalam mempercayai ranjang kuning: a) Latar belakang masyarakat mempercayai ranjang kuning, b) Adanya faktor turun temurun, c) Bentuk-bentuk kepercayaan ranjang kuning. (2) Ada 3 makna yang terkandung dari kepercayaan ranjang kuning, yaitu: a) Makna ranjang kuning bagi masyarakat, b) Makna keselamatan dan perlindungan, c) Makna pengenalan budaya & alam sekitar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada penelitian selanjutnya berdasarkan pengalaman peneliti saat melakukan penelitian ini banyak hal yang masih dapat dikaji dan relevan dengan penelitian ini, diharapkan mampu mencari hal-hal yang fundamental dari setiap budaya yang diteliti. Sehingga nantinya dapat dijadikan sumber informasi kepada generasi selanjutnya dan berkontribusi dalam mempertahankan maupun mewariskan adat istiadat yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu Khususnya di Desa Gunung Besar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI