DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Realisme Magis Pada Novel Ayahku Bukan Pembohong Karya Tere Liye
PENGARANG:super Sumanto S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


 

Silitonga, Super Sumanto.2019.  Realisme Magis pada Novel “Ayahku Bukan Pembohong” Karya Tere Liye. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing:  (1) Dr. Sainul Hermawan; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

Kata kunci:  realisme magis, novel

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik realisme magis yang terdapat dalam novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cerita-cerita di dalam novel tersebut yang mengandung unsur magis.

             Penelitian ini menggunakan  pendekatan realisme magis dari teori Wendy B. Faris yang berfokus pada unsur realis dan magis dalam sebuah karya sastra dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan ialah novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye yang diterbitkan pada tahun 2011.  

Hasil dari penelitian ini menemukan dua karakteristik dari realisme magis sebagai berikut: Pertama, dunia yang fenomenal ada 2 kutipan yang menggambarkan sebuah cerita yang luar biasa. Kedua,  ada 10 kutipan alam yang bercampur menggabungkan realisme dan fantasi. Kedua karakteristik tersebut mengandung kisah keajaiban yang luar biasa yang tidak dapat diterima secara akal manusia yang mengacu ke dalam magis fantasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI