DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN SIMPUR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:RIRIN FAUZIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-28


ABSTRAK

Ririn Fauziah, 2023. Analisis Peran Kelompok Wanita Tani (Kwt) terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga di Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing : Maulana Rizky, SE, M.Acc, Ak dan Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum KWT, tingkat perekonomian keluarga KWT dan pengaruh peran KWT terhadap peningkatan ekonomi keluarga di Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anggota KWT yang ada di Kecamatan Simpur Kabupaten HSS, tercatat ada 11 KWT yang tersebar diseluruh desa Kecamatan Simpur.  Cara pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Jenis nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah kelompok wanita tani (KWT) yang aktif dari semua populasi yang telah ditentukan, ada 2 KWT yang terpantau aktif yaitu KWT Karang Melati dan KWT Banua Kambang dengan keseluruhan anggotanya berjumlah 70 orang. Teknis analisis data menggunakan SMART PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa Semua kontruk exogen X (peran KWT) secara serentak mempengaruhi Y (ekonomi keluarga) sebesar 0,221 atau 22,1%. Sedangkan sisanya sebesar 77,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peran KWT terhadap peningkatan ekonomi keluarga di  Kecamatan Simpur Kabupaten HSS.

Kata Kunci: Ekonomi Keluarga, KWT dan Peran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI