DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPALA DESA DALAM PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI DESA ASIA BARU KECAMATAN KURIPAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:AISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-28


Aisah. 2023. Peran Kepala Desa dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Desa Asia Baru Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (1) Heru Puji Winarso

 

Kata Kunci: Peran, Kepala Desa dan Karakter Peduli Lingkungan

 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan seperti membuang sampah sembarangan yang membuat lingkungan terlihat kotor. Kemudian kurangnya peran kepala desa dalam menyediakan fasilitas kebersihan lingkungan masyarakat desa Asia Baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Kondisi lingkungan di desa Asia Baru Kecamatan Kuripan (2) Peran kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat dalam upaya penguatan karakter peduli lingkungan di desa Asia Baru.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik obesevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian (1) Kondisi lingkungan di desa Asia Baru masih tergolong kurang bersih, karena belum tersedianya tempat sampah dan jauh dari perkotaan menjadikan masyarakat membuang sampah sembarangan. Agar terlihat bersih masyarakatnya juga terbiasa untuk mengubur sampahnya di tanah. (2) Peran kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat sebagai upaya penguatan karakter peduli lingkungan masih kurang. Hal ini terlihat dari tidak adanya sosialisasi dan penyuluhan tentang karakter peduli lingkungan dan kebersihan di desa. Selain itu di desa Asia Baru juga tidak ada pengelolaan sampah yang dilakukan kepala desa dan aparatur desa. Sehingga masyarakat melakukan pengelolaan sampah secara pribadi.

Disarankan untuk menyelesaikan masalah lingkungan, pemerintah dan masyarakat desa Asia Baru harus meningkatkan kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan, terutama di desa Asia Baru. Pemerintah juga harus menyediakan fasilitas yang mendorong masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, serta menyediakan sumber daya yang dikerahkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI