DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMA/SMK
PENGARANG:MYLIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-29


Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Scratch pada sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media oleh ahli materi dan media, lembar angket penilaian pendidik dan peserta didik, dan tes pemahaman. Subjek penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli media, pendidik matematika, dan 29 peserta didik kelas X SMKN 2 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah produk yang dikembangkan berupa  media pembelajaran interaktif berbasis Scratch pada sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dengan cara menghitung rata-rata skor penilaian yang kemudian dikonversikan dengan kategori yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran ini mendapatkan kategori valid dari ahli materi dan cukup valid dari ahli media. Uji praktikalitas aspek pendidik dan peserta didik mendapatkan kategori sangat praktis. Uji efektivitas mendapatkan kategori efektif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan antara nilai pretest dan post test peserta didik. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Scratch layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI