DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI BANJARMASIN
PENGARANG:HASBULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


 Masalah dalam penelitian ini adalah pengguna bergantian menggunakan komputer katalog, ada posisi buku tidak sesuai klasifikasi  tempatnya, ada pegawai perpustakaan yang tidak tanggap terhadap  pengguna, pengguna menulis dan membaca di lantai perpustakaan, ada buku yang rusak dan kurang terutama dibidang umun,di lantai tiga ruang referensi terasa panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelayanan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari penelitian.         Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelayanan Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin cukup berkualitas terutama pada aspek Kehandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsivenes), Empati (Empaty). Dan pada aspek Kondisi Fisik (Tangible) dan Jaminan (Assurance) perlu penambahan sarana dan prasarana perpustakaan. (2) Faktor yang menghambat baik itu internal atau eksternal adalah perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia pada pegawai perpustakaan dan perlunya penambahan dana untuk sarana prasarana sebagai penunjang pelayanan.         Sedangkan saran yang diajukan adalah: (1) Mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik dan memelihara sarana dan prasarana. (2) Perlunya peningkatan kualitas pegawai perpustakaan. (3) Menambah dana untuk sarana dan prasarana. 
 
Kata Kunci: Pelayanan, Perpustakaan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI