DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DINI SYAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-29


Dini Syafitri (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Pembimbing: Lili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis apakah pengetahuan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM; (2) untuk mengetahui dan menganalisis apakah persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM; (3) untuk mengetahui dan menganalisis apakah skala usaha berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM; (4) untuk mengetahui dan menganalisis apakah latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM; dan (5) untuk mengetahui dan menganalisis apakah kepatuhan terhadap peraturan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM.

Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling yang termasuk dalam kategori probability sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 96 UMKM di Kecamatan Banjarmasin Utara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan akuntansi dan kepatuhan terhadap peraturan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Temuan lain menunjukkan bahwa variabel persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, skala usaha, dan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM.

 

Kata kunci: Pengetahuan Akuntansi, Persepsi Pelaku UMKM tentang Akuntansi, Skala Usaha, Latar Belakang Pendidikan, Kepatuhan Terhadap Peraturan, Penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI