DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ERHADAP KREDIT BERMASALAH PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SE-KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NOOR ISRA AMELLIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-29


ABSTRAK

Noor Isra Amellia,  2023. Pengaruh Sistem Pengendalian Intarnal terhadap Kredit Bermasalah pada Badan Usaha Milik Desa Se-Kabupaten Barito Kuala, FKIP ULM. Skripsi,  Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Pembimbing I: Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd; Pembimbing II: Maulana Rizky, M. Acc, Ak)
           

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal terhadap kredit bermasalah pada BUMDes se-Kabupaten Barito Kuala. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus maupun pihak terkait yang ada di BUMDes. Cara pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Adapun jenis nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling.  Metode pengambilan sampel  purposive sampling  diperoleh 35 sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dengan uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diketahui adanya pengaruh yang negatif sistem pengendalian internal terhadap kredit bermasalah se-Kabupaten Barito Kuala, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 Dimana hubungan yang terbentuk merupakan hubungan negatif yang dibuktikan dengan nilai -6.284.  Sumbangan pengaruh lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, sistem informasi dan komunikasi, serta pemantauan terhadap kredit bermasalah sebesar 75,2% sedangkan sisanya 24,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara sistem pengendalian internal terhadap kredit bermasalah.

Kata Kunci: BUMDes, Sistem Pengendalian Internal, dan Kredit Bermasalah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI