DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1 - 10 MELALUI KOMBINASI MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MODEL MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN KAIN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PELANGI BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:ELVINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


Kata kunci: Snowball Throwing, Make a Match, Papan Kain Flanel  Penelitian ini berawal dari keadaan anak kelompok B TK Pelangi Banjarmasin Tengah, masih memiliki kemampuan yang rendah dalam aspek kognitif menyebutkan lambang bilangan 1-10, dalam hal ini secara klasikal lebih dari 50% dari jumlah anak 12 orang yang masih rendah dalam aspek kognitif menyebutkan lambang bilangan 1-10. Untuk mengatasi masalah ini  penulis memilih pembelajaran menggunakan kombinasi model snowball throwing dengan model make a match menggunakan media papan kain flanel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 melalui kombinasi model snowball throwing dengan model make a match menggunakan media papan kain flanel pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pelangi Banjarmasin Tengah, serta bagaimana aktivitas guru dan anak selama pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan selama 4 pertemuan. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan.   Berdasarkan temuan yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dua siklus empat kali tatap muka melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan hasil belajar anak, diperoleh hasil penelitian: 1) Aktivitas guru mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 melalui kombinasi model snowball throwing dengan model make a match menggunakan media papan kain flanel pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pelangi Banjarmasin Tengah, sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. 2) Aktivitas anak juga terjadi peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 hingga semua anak mencapai kriteria aktif. 3) Hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 melalui kombinasi model snowball throwing dengan model make a match menggunakan media papan kain flanel pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pelangi Banjarmasin Tengah, mengalami peningkatan hingga pada pertemuan 4 anak yang memperoleh bintang 3 (???/BSH) ada 6 orang anak atau 50%., dan anak yang memperoleh bintang 4 (????/BSB) ada 6 orang atau 50%, hal ini berarti anak yang berkembang mencapai 100%.   Atas hasil penelitian ini, disarankan bagi guru dan stakeholder terkait, akan adanya tindak lanjut mengenai peningkatan aktivitas dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 melalui kombinasi model snowball throwing dengan model make a match menggunakan media papan kain flanel.
 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI