DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FENOMENA WANITA SEBAGAI ANGGOTA LADY FIRE DI BPK SEBERANG MESJID KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:WAHYU AHMAD ZAKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-29


ABSTRAK

Wahyu Ahmad Zaki, 2023. Fenomena Wanita Sebagai Anggota Lady Fire di BPK Seberang Mesjid Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung  Mangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati, (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Fenomena Wanita, Lady Fire, BPK.

 

Representasi wanita tangguh yang menjadi atribut seorang Lady Fire telah mematahkan stigma feminim dari masyarakat kepada seorang wanita. Penggambaran sosok Lady Fire didefinisikan sebagai wanita tangguh tak takut pada api dan selalu siap terhadap tantangan dan berbagai macam bencana. Salah satu fenomena wanita sebagai anggota Lady Fire yaitu Lady Fire Balakar 654 BPK Seberang Mesjid Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor yang mendorong para wanita sehingga memilih untuk bergabung menjadi anggota Lady Fire Balakar 654 di BPK Seberang Mesjid Banjarmasin dan untuk menemukan gambaran motivasi para wanita anggota Lady Fire Balakar 654 di BPK Seberang Mesjid Banjarmasin.

Metode yang digunakan yaitu penelitian bersifat kualitatif. Adapun teknik dalam menentukan informan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen penelitian yaitu human instrumen. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 3 informan inti dan 2 informan tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data terbagi menjadi tiga, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara memperpanjang waktu pengamatan, meningkatkan ketekunan peneliti, melakukan triangulasi, menggunakan bahan referensi dan melakukan membercheck.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mendorong para wanita sehingga memilih untuk bergabung menjadi anggota Lady Fire Balakar 654 di BPK Seberang Mesjid Banjarmasin yaitu ada 4, di antaranya:  (1) Untuk memperoleh pencapaian, menambah pengalaman berharga, kebutuhan akan hubungan bersosial, dan adanya perasaan tertantang (2) Serta terdapat 2 gambaran motivasi para wanita anggota Lady Fire Balakar 654 di BPK Seberang Mesjid Banjarmasin, yaitu motivasi intrinsik dari dalam seperti keinginan sendiri dan ekstrinsik seperti adanya dukungan dari anggota keluarga.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi Lady Fire baik Balakar 654 ataupun seluruh Lady Fire yang ada di Kalimantan Selatan, untuk selalu bekerja keras dan ikhlas menolong, bukan menjadikan profesi sebagai eksistensi diri atau sebagai ajang mencari jodoh. Kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ataupun Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran diharapkan memberi penunjang dan fasilitas yang memadai dan lebih membuka mata terhadap keberadaan Lady Fire, seperti memberi kantor khusus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI