DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN PARAMETER KUALITAS BATUBARA AKTUAL DAN KUALITAS BATUBARA GEOMODEL DI PT JORONG BARUTAMA GRESTON, KECAMATAN JORONG, KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANNISA RIZKY NUR ADZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


Kualitas batubara yang terdapat di daerah penelitian sangat bervariasi khususnya di pit UC-E. Permasalahan yang timbul dari kualitas batubara ini adalah adanya perbedaan kualitas batubara aktual dengan kualitas batubara  yang ada pada geomodel sehingga diperlukan analisa ulang dan juga untuk menghindari komplain dari pihak konsumen terhadap kualitas batubara yang tidak sesuai dari kesepakatan standar kualitas batubara yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa parameter kualitas batubara actual, mengevaluasi parameter kualitas batubara aktual dan kualitas batubara model, dan membuat rekomendasi  penanganan batubara agar parameter kualitas tetap relatif sama.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis hasil perhitungan data parameter kualitas batubara pada lokasi penambangan (aktual) dari hasil chip sampling dan membandingkan dengan parameter kualitas batubara pada geomodel, serta menganalisa faktor – faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan parameter kualitas batubara aktual dengan kualitas batubara geomodel. Dilakukan langsung dilapangan untuk melihat aktivitas pengambilan sample batubara untuk mengetahui cara perlakuan sample agar tidak terkontaminasi.

Adapun perbedaan yang terjadi pada parameter kualitas batubara aktual dan parameter kualitas batubara geomodel adalah total moisture, ash content, total sulphur dan calorific value. Terjadinya perbedaan parameter kualitas batubara ini disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut, kondisi front kerja, proses sampling, proses preparasi sample dan proses analisa di laboratorium. Perbedaan parameter kualitas batubara aktual dengan kualitas batubara geomodel pada kuarter I (Q1) TM ar (0.62 – 2.60 %), Ash adb (0.07 – 1.19 %), Ash ar (0.03 – 0.94 %), TS adb (0.01 – 0.23 %), TS ar (0.01 – 0.21 %), CV adb (3 – 435 kcal/kg), CV ar (2.44 – 511.52 kcal/kg). Pada kuarter II Q2 TM ar (0.43 – 1.77 %), Ash adb (0.07 – 1.45 %), Ash ar (0.07 – 1.27 %), TS adb (0.01 – 0.17 %), TS ar (0.01 – 0.14 %), CV adb (18 – 316 kcal/kg), CV ar (50.13 – 266.81 kcal/kg).

Kata-kata kunci : Aktual, Lokasi Penambangan, Geomodel, Kualitas Batubara

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI