DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ENSIKLOPEDIA FAMILI SAPOTACEAE DI KEBUN RAYA BANUA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:EFI WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-02


PENGEMBANGANBUKU ENSIKLOPEDIAFAMILISAPOTACEAE DI KEBUN RAYA BANUA UNTUKMELATIHKANKETERAMPILANBERPIKIR KRITIS  MAHASISWA (Oleh: Efi Wijayanti; Pembimbing: Kaspul, Muhammad Zaini; 2024: 78 Halaman)

 

 

ABSTRAK

 

Pendidikan abad ke-21 dituntut untuk memiliki keterampilan 4C salah satunya yaitu keterampilan berpikir krtitis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui berbagai cara, salah satunya menggunakan bahan ajar. Bahan ajar yang di kembangkan pada penelitian ini yakni buku ensiklopedia. Penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk meningkatkan kualitas bahan pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bukuensiklopedia famili sapotaceae. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode EDR (Educational Design Research) dengan desain evaluasi formatif Tessmer. Subjek validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang mahasiswa, subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang mahasiswa, subjek uji lapangan adalah 15 orang mahasiswa. Objek penelitian ini yaitu buku ensiklopedia famili sapotaceae. Hasil dari penelitian menunjukkan buku ensiklopedia memiliki kategori valid berdasarkan penilaian dari ketiga validator, buku ensiklopedia memiliki kategori baik berdasarkan strukturnya yang menarik dan mudah digunakan, buku ensiklopedia efektif digunakan karena dapat mengukur keterampilan berpikir kritis.Hal ini menunjukkan bahwa buku ensiklopedia famili sapotaceae di Kebun Raya Banua sesuai harapan dan kenyataan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa (valid, praktis, dan efektif).

 

Kata kunci: ensiklopedia, famili sapotaceae, Kebun Raya Banua, keterampilan berpikir kritis, penelitian pengembangan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI