DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN IBNUL AMIN DESA PAMANGKIH KECAMATAN LABUAN AMAS UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 1958-2022
PENGARANG:KHAIRUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-04


Khairudi. 2023. Perkembangan Pondok Pesantren Ibnul Amin Desa Pamangkih Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 1958-2022. (Pembimbing utama: Prof. Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing pendamping: Melisa Prawitasari, M.Pd.)

 

            Pondok Pesantren Ibnul Amin terletak di Desa Pamangkih, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berdiri sejak tahun 1958 M/1378. Pendirinya adalah ulama dari masyarakat Pamangkih yang bernama K.H. Mahfuz Amin.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil  dan perkembangan Pondok Pesantren Ibnul Amin.

            Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan melalui empat tahapan yaitu Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Heuristik, merupakan tahap pengumpulan data, yaitu data primer meliputi wawancara dan observasi serta data sekunder yang meliputi dokumen dan bangunan. Sumber lisan berupa wawancara dengan pengurus Pondok Pesantren Ibnul Amin, Sumber Tulisan, brosur pengenalan pondok pesantren tahun 2000, buku manaqib K.H. Mahfuz Amin. Sumber benda, bangunan Pondok Pesantren Ibnul Amin. Tahap berikutnya yaitu Kritik, yaitu kritik internal dan eksternal. Tahap selanjutnya yaitu Interpretasi, dan tahap yang terakhir yaitu Historiografi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa letak Pondok Pesantren Ibnul Amin di Jalan Raya Pamangkih. Nama awal Pondok Pesantren Ibnul Amin yaitu Pesantren Hulu kubur. Kemudian, untuk mengenang ayah dan kakek beliau dalam memperjuangkan agama dan ilmu yang diambil dari kakek beliau bernama Muhammad Amin maka di ubah menjadi Pesantren Ibnul Amin. Perkembangan Pondok Pesantren Ibnul Amin dapat dilihat dari metode pengajaran, pengajar, santri, sarana dan prasarana, biaya pendidikan Pondok Pesantren Ibnul Amin, serta kegiatan ekstrakurikuler yang selalu berkembang setiap tahunnya.Keberadaan Pondok Pesantren Ibnul Amin disambut baik oleh masyarakat sekitar ditandai dengan kepercayaan masyarakat terhadap keberlangsungan pendidikan di Pondok Pesantren Ibnul Amin.

            Kesimpulan, berdirinya Pondok Pesantren Ibnul Amin membawa manfaat yang sangat besar terhadap lingkungan masyarakat. Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Ibnul Amin pada tahun 1958 hingga sekarang ini mengalami perkembangan yang maju. Sehingga, Pondok pesantren ini melahirkan alumni-alumni yang sukses serta alumni tersebut berperan dalam perkembangan Pondok Pesantren Ibnul Amin.

 

Kata Kunci : Sejarah, Perkembangan, Pondok Pesantren Ibnul Amin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI