DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Perangkat Asesmen Portofolio pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMP
PENGARANG:Tri Khairunnisa, S.Pd.
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-26


ABSTRAK

 

Khairunnisa, Tri. 2019. Pengembangan Perangkat Asesmen Portofolio pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMP. Tesis. Magister Keguruan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.

 

Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supramono, M.Pd., (II) Dr. Arif Sholahuddin, M.Si.

 

Kurikulum 2013 mempersyaratkan penggunaan penilaian autentik yang mengutamakan tidak hanya penilaian di akhir pembelajaran saja namun juga mengutamakan penilaian proses selama pembelajaran. Kurikulum 2013 mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat oleh peserta didik sebagai instrumen utama penilaian. Guru pada umumnya sudah mengenal penilaian portofolio, tetapi untuk menerapkannya dan menyesuaikannya dengan tuntutan kurikulum 2013 masih terdapat kesulitan. Selain itu, fakta bahwa pembelajaran IPA tidak dapat dipisahkan dari keterampilan proses sains namun justru pada kenyataannya keterampilan proses sains ini masih rendah. Sejalan dengan temuan oleh forum MGMP IPA Banjarmasin bahwa masih sangat rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di sekolah. Keterampilan proses sains yang sejalan dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 belum banyak menjadi fokus tujuan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan perangkat asesmen portofolio pada konsep klasifikasi makhluk hidup yang mampu untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik yang dinyatakan dengan valid, praktis, dan efektif. Desain pengembangan perangkat yang digunakan adalah desain Tessmer dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII di SMP Al Mazaya Islamic Banjarmasin. Sampel yang digunakan pada tahap one to one evaluation berjumlah lima responden dari guru dan peserta didik, pada tahap small group evaluation satu orang guru dan enam orang peserta didik, dan tahap field test dilaksanakan pada dua kelas yang masing-masingnya ada dua puluh lima peserta didik. Perangkat asesmen yang dikembangkan berfokus pada topik klasifikasi makhluk hidup. Hasil penelitian menunjukkan asesmen portofolio konsep klasifikasi makhluk hidup dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif  untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.

 

Kata kunci: pengembangan, perangkat asesmen portofolio, keterampilan proses sains, klasifikasi makhluk hidup

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI