DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
PENGARANG:AISYA ALIYA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-06


Kemampuan computational thinking merupakan suatu kemampuan yang mengandalkan bagaimana cara proses berpikir yang diperlukan dalam pemecahan dan penyelesaian suatu masalah. Kemampuan computational thinking terdiri dari indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan computational thinking matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lima buah tes tertulis dengan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, kurang mampu melibatkan indikator abstraksi dan indikator berpikir algoritma. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika belum memenuhi indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma.

 

Kata kunci: analisis, computational thinking, persamaan linear satu variabel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI