DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI ADAPTASI PEMBUDIDAYA IKAN KERAMBA JARING APUNG DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DI DESA MALIMALI KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMAD RAMLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-06


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi persepsi pembudidaya ikan keramba jaring apung terhadap perubahan iklim dan 2) menganalisis strategi adaptasi pembudidaya ikan keramba jaring apung dalam menghadapi perubahan iklim.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan tempat penelitian ini di tentukan secara sengaja (purposive sampling). Menggunakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif. sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.

Hasil analisis yang didapatkan adalah sebagai berikut : 1) Persepsi pembudidaya ikan keramba jaring apung mengetahui tentang perubahan iklim yang terjadi yang mana bisa dibuktikan dengan kesimpulan dari seluruh jawaban yang diberikan oleh para pembudidaya termasuk dalam nilai kriteria tertinggi yaitu sangat paham. 2) Strategi adaptasi yang digunakan oleh pembudidaya ikan keramba jaring apung dalam menghadapi perubahan iklim adalah pembudidaya yang menggunakan keramba adaptif sebanyak 100%. Pembudidaya yang menggunakan rolling keramba sebanyak 98% dan sebanyak 2% pembudidaya tidak menggunakan rolling keramba. Pembudidaya yang menggunakan pengendalian jumlah bibit sebanyak 33% dan sebanyak 67% Pembudidaya tidak pengendalian jumlah bibit. Pembudidaya yang menggunakan pergantian jenis pakan sebanyak 98% dan sebanyak 2% Pembudidaya pergantian jenis pakan. Pembudidaya yang menggunakan budidaya sebanyak 64% dan sebanyak 36% pembudidaya tidak menggunakan budidaya. Pembudidaya yang menggunakan hubungan sosial sebanyak 38% dan sebanyak 62% Pembudidaya tidak menggunakan hubungan sosial.

Kata Kunci : Persepsi, Pembudidaya Ikan, Keramba Jaring Apung, dan Strategi Adaptasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI