DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODIFIKASI KURIKULUM DALAM SETTING SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 3 BARABAI
PENGARANG:ENDANG ANJRIANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-26


ABSTRAK

EndangAnjrianie, 2018. Implementasi Pengembangan Modifikasi Kurikulum Dalam Setting Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di Smp Negeri 3 Barabai.Skripsi program S1 PLB FKIP Unlam Banjarmasin. Dosen Pembimbing 1 Bpk. Dr. Imam Yuwono, M.Pd dan Dosen Pembimbing  2 Ibu Dewi Ratih Rapisa, M.Pd

 

Kata Kunci :Implementasi Pengembangan Modifikasi Kurikulum Dalam Setting Sekolah Penyelenggara PendidikanInklusi Di SMP Negeri 3 Barabai

 

Berlatar belakang keingintahuan peneliti akan “Implementasi Pengembangan Modifikasi Kurikulum dalam Setting Sekolah Penyelenggara PendidikanInklusi” merupakan hal yang menarik untuk menjadi permasalahan penelitian, namun dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yang ditemukan berdasarkan fakta dilapangan menunjukkan adanya beberapa masalah dalam pengembangan modifikasi kurikulum pada perencanaan dan pelaksanaan, sehingga sekolah memerlukan solusi dalam pelaksanaan pengembangan modifikasi kurikulum terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat mengakomudir semua kebutuhan siswa.

Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif, diharapan hasil dari penelitian dapat menggambarkan secara rinci terhadap fakta yang terjadi dilapangan, dalam penelitian ini juga melakukan pengumpulan data untuk membangun hipotesis.Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknikobservasi,wawancara dan dokumentasi, sehingga data yang dihasilkan lengkap dan akurat.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi, kemudian pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekkan teman sejawat, analisis kasus negatif dan pengecekkan anggota yang terlibat.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaan belum mencapai standar inklusi yang ditentukan, pada penilaian menggunakan aspek kognitif, afektif dan keterampilan, dan hambatan yang ditemui terdapat pada perencanaan serta pelaksanaan, sehinggaupaya yang dilakukan dengan menganalisis kebutuhan, merumuskan tujuan, memilih materi dan mengembangkan alat evaluasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI