DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEREMPUAN PENJUAL KEMBANG DI KELURAHAN PENGAMBANGAN, BANJARMASIN TIMUR, KOTA BANJARMASIN, TAHUN 1990-2015
PENGARANG:REZA KHARIS RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-07


Penulisandilatarbelakangikeberadaanperempuanpenjualkembang(pengambangan) di Kampung Pangambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur,KotaBanjarmasin.Pekerjaannyamembuatrangkaianbungayangdironce(dirangkai)khususuntukberbagaiupacarasepertiupacarakeagamaan,acaraperkawinan maupun keperluan upacara kematian yang diwariskan turun temurun.Permasalahannya, bagaimana profil dan kehidupan ekonomi perempuan penjualkembang di Kelurahan Pengambangan, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin,tahun1990-2015.

Tujuanpenulisanadalahmendeskripsikansejarahdanmenjelaskankehidupan ekonomi perempuan penjual kembang di Kelurahan Pengambangan,KecamatanBanjarmasinTimur,KotaBanjarmasin,tahun1990-2015.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Sumber data yang digunakanberupasumberlisan,sumbertertulisdansumberbenda.Dataprimerberupasumber lisan hasil wawancara. Sumber benda dari hasil observasi secara tidaklangsung dan sumber tertulis dari dokumen yang relevan. Data sekunder diperolehdaridatatertulis/literatur.Teknikpengumpulandatadenganstudipustaka,wawancara danobservasi secaratidaklangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah perempuan penjual kembangdari Kampung Pengambangan periode tahun 1990-1998, hanya dilakoni keturunanleluhur perangkai dan penjual kembang Pengambangan, Nini Randa. Selanjutnya,pada periode tahun 1999-2015, mulai bermunculan penjual kembang dari generasimuda yang bukan keturunan serta mulai lunturnya tradisi leluhur Nini Randa.Kehidupan ekonomi perempuan penjual kembang dibagi atas periode tahun 1990-1998,dicirikanstrategiekonomitradisional,hubungankepercayaansalingmenguntungkan. Selanjutnya, periode tahun 2000-2010, terdapat strategi realistisdanpemanfaatansumberdayaekonomi.

Kesimpulan penelitian terdiri dari kesimpulan pertama, terdapat perbedaanlatar belakang profesi perempuan penjual kembang di Kelurahan Pengambanganantaraperiodetahun1990-1998danperiodetahun1998-2015yaknifaktorketurunanNiniRandadenganyangbukanketurunansertalatarbelakangmenjalani profesi penjual kembang. Kemudian, kehidupan ekonomi perempuanpenjual kembang di Kelurahan Pengambangan pada periode tahun 1998-2015,memilikistrategiekonomiberbeda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI