DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DISONANSI KOGNITIF MASYARAKAT PAPUA PADA KEMASAN ROKOK (STUDI KASUS PEROKOK AKTIF DI PAPUA SELATAN KABUPATEN ASMAT)
PENGARANG:MUHAMMAD YUSUF FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-09


Muhammad Yusuf Fauzi, (1710414110019). 2023. Disonansi Kognitif Masyarakat Papua Pada Kemasan Rokok (Studi Kasus Perokok Aktif Di Papua Selatan Kabupatan Asmat). Dibawah bimbingan Ibu Noviana Sari dan Ibu Astinana Yuliarti.

Fenomena merokok masih ada hingga sekarang. Seperti hasil penelitian yang dilakukan di wilayah Papua khususnya pada Masyarakat Papua Suku Asmat. yaitu apabila dipandang dari sudut pandang kultural, rokok tidak hanya dilihat sebagai barang yang hanya untuk dikonsumsi akan tetapi sebagai sumber penghidupan atau sebuah adat istiadat. Padahal di kemasan rokok terdapat gambar dan teks untuk memberikan informasi kepada mereka bahwa merokok berbahaya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe diskriptif. Pengumpulan data menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat 7 Infoman dalam penelitian ini yang sudah memnuhi kriteria dibutuhkan sesuai dengan judul penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori disonasi kognitif.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa disonansi disebabkan oleh banyak faktor antara lain kurangnya kepercayaan bahaya merokok, lingkungan kerja, faktor kebiasaan, kondisi psikologis yang buruk, sebagai budaya untuk mencairkan suasana atau berinteraksi dengan sesama anggota suku asmat, dan kepercayan mereka sebagai Masyarakat Papua Suku Asmat terhadap rokok sebagai kebutuhan dan adat..

 

 

Kata Kunci : Disonansi Kognitif, Perokok Aktif, Pesan Peringatan Kese

hatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI