DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN LIMBAH PENGGILINGAN PADI OLEH MASYARAKAT DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA
PENGARANG:DIKI WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-09


Diki Wahyudi. 2023. Pemanfaatan Limbah Penggilingan Padi Oleh Masyarakat Di Desa Anjir Serapat. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Pembimbing I : Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II : Ridha Ilhami, M.Pd

            Limbah adalah suatu bahan hasil dari proses produksi yang sudah tidak terpakai, jika limbah penggilingan padi dimanfaatkan secara baik akan memberikan keuntungan bagi masyarakat. proses penggilingan padi sangat berkaitan dengan lingkungan, pengontrolan pada proses penggilingan secara tidak baik akan menimbulkan dampak berupa pencemaran lingkungan.

            Tujuan penelitian : 1). Mendeskripsikan pemanfaatan limbah penggilingan padi oleh masyarakat Desa Anjir Serapat Muara. 2) Mendeskripsikan dampak lingkungan sekitar dari adanya limbah penggilingan padi bagi masyarakat Di Desa Anjir Serapat Muara .

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman pedoman observasi, alat perekam, alat tulis. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi.

            Hasil penelitian ini berupa : 1) Masyarakat memanfaatkan limbah dari penggilingan padi yaitu dedak dimanfaatkan sebagai pakan ternak, dan sekam padi dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan penimbun halaman depan rumah. 2) Adanya dampak limbah debu dari proses penggilingan padi yang mengakibatkan dampak pencemaran udara yang mengganggu masyarakat sekitar.

            Limbah penggilingan padi mempunyai manfaat bagi masyarakat berupa dedak dan sekam padi. dedak dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sekam padi dapat dimanfaakan sebagai media tanam dan sebagai penimbun halaman rumah bagi masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara.Hasil penelitian ini juga terdapat dampak limbah dari proses penggilingan padi yaitu debu dari proses penggilingan padi yang menyebabkan pencemaran udara.

 

Kata Kunci : Limbah, Dampak Limbah, Manfaat Limbah Penggilingan Padi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI