DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Tingkat Keberhasilan Revegetasi Lahan Bekas Tambang Batubara PT. Arutmin Indonesia di Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-13


ABSTRAK

 

MUSLIM. 2024. “Analisis Tingkat Keberhasilan Revegetasi Lahan Bekas Tambang Batubara PT. Arutmin Indonesia di Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan”. Tesis. Program Studi Magister Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Dibimbing oleh : Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si. dan Dr. Badaruddin, S.Hut., M.P.

 

 

 

Kata kunci: Revegetasi Lahan, Bekas Tambang, PT. Arutmin Indonesia

 

 

Kegiatan pertambangan dapat menimbulkan dampak terhadap suatu lahan terutama gangguan keseimbangan permukaan tanah yang cukup besar, sehingga perlu dilakukan kegiatan reklamasi yang tepat dalam upaya peningkatan kualitas lahan dan perbaikan lahan bekas tambang. Pelaksanaan reklamasi yang dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan merupakan wujud dan upaya untuk menerapkan pengelolaan pertambangan yang berwawasan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan revegetasi oleh Perusahaan PT. Arutmin Indonesia dan memberikan rekomendasi kepada Perusahaan PT. Arutmin Indonesia dalam Pelaksanaan Revegetasi Pascatambang Batubara.Penelitian ini dilakukan pada PT. Arutmin Indonesia Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Objek pada penelitian ini adalah Penilaian keberhasilan revegetasi yang dilakukanoleh PT. Arutmin Indonesia menggunakan acuan penilaian Permenhut No. 60 Tahun 2009. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan revegetasi pada areal reklamasi  PT. Arutmin Indonesia dapat disimpulkan bahwa (1) tingkat keberhasilan pelaksanaan revegetasi mendapatkan penilaian kurang yaitu revegetasi khususnya pada OPD 1 dan 7, dan  (2) strategi atau rekomendasi yang dapat dilakukan untuk perbaikan revegetasi lebih difokuskan pada pengkayaan tanaman lokal, perawatan sarana pengendali erosi dan sedimentasi, serta menyediakan sarana dan prasaran pembibitan tanaman yang beraneka ragam dan perawatan tanaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI