DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL LAJU REAKSI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI FATIMAH NURUL AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-14


Pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa namun Sampai saat ini masih banyak problematika pendidikan yang merupakan tantangan pemerintah Indonesia di antaranya adalah pembelajaran yang dilakukan cenderung pasif, tidak menarik, dan membosankan ini berdampak pada literasi Sains dan Pemahaman Konseppeserta didik terhadap pembelajaran disekolah. Penelitian ini merupakan Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan e-modul laju e – modul laju reaksi berbasis etnosains untuk meninkatkan pemahaman konsep dan literasi sains peserta didik dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemetation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu 34 peserta didik kelas XI C SMA Negeri 10 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis etnosains . hasil penelitian ini menunjukan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor  95.91, sangat Praktis dengan skor kepraktisan 92.68 dan efektif dengan skor 82.79. Pembelajaran menggunakan e-modul yang dikembangkan meningkatkan literasi sains dan pemahaman konsep peserta didik yang ditunjukan dengan nilai N-Gain pada kategori Tinggi yaitu 0.79 untuk pemahaman Konsep dan 0.87 untuk literasi Sains . hasil analisis menunjukan e-modul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan Literasi Sains .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI