DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ACTING AS IF DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMAH JANUARITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-27


Rahmah Januarita. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Acting As If di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Sulistiyana, M.Pd. (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd.

Kata Kunci : Teknik Acting As If, Kemampuan Komunikasi Verbal

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa pada siswa SMP Negeri 24 Banjarmasin dengan menggunakan teknik acting as if  dalam layanan bimbingan kelompok.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan melalui beberapa siklus secara kolaboratif dan sistematik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa melalui teknik acting as if di SMP Negeri 24 Banjarmasin.

            Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 6 orang siswa. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling untuk penarikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa setelah menggunakan teknik acting as if dapat dilihat disetiap siklus/pertemuan selalu ada peningkatan. Peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa adalah sebagai berikut : pada tahap awal siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 42 presentase 25% dalam kategori “kurang berhasil” pertemuan 2 memperoleh skor 64 presentase 50% dalam kategori “cukup berhasil”, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 101 presentase 60,11% dalam kategori “berhasil” dan pertemuan 2 memperoleh skor 139 presentase 82,74% dalam kategori “sangat berhasil” dan mencapai indikator keberhasilan. Dari hasil data diatas maka dapat disimpulkan bahwa teknik acting as if dapat meningkatkan kemampuan komunikasi verbal siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI