DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NETRALITAS KEPALA DESA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024 DI BARITO KUALA ( STUDI KASUS DESA TUMIH KECAMATAN WANARAYA )
PENGARANG:USWATUN HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-15


ABSTRAK

Uswatun Hasanah. Februari 2024. NETRALITAS KEPALA DESA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024

DI BARITO KUALA( STUDI KASUS DESA TUMIH KECAMATAN WANARAYA ). Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, halaman Dosen Pembimbing : Dr. Hj. Erlina, S.H., M.H.

 

ABSTRAK

 

Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menganalisis netralitas Kepala Desa dalam konteks Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2024. Netralitas kepala desa memiliki dampak signifikan terhadap integritas dan keadilan pemilu, karena mereka berperan sebagai pemimpin di tingkat lokal yang dapat memengaruhi opini dan sikap masyarakat. Penelitian Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan kepala desa, pemangku kepentingan, dan anggota masyarakat.

 

Temuan penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa netralitas kepala desa sering kali terpengaruh oleh faktor-faktor politik, ekonomi, dan sosial di tingkat lokal. Beberapa kepala desa bersikap netral, sementara yang lain terlibat aktif dalam mendukung salah satu kandidat. Faktor-faktor seperti patronase politik, tekanan dari pihak tertentu, dan kepentingan pribadi dapat menjadi pendorong netralitas atau ketidaknetralan. Penelitian skripsi ini memberikan wawasan tentang kompleksitas dinamika politik di tingkat desa dan implikasinya terhadap netralitas kepala desa dalam konteks pemilihan presiden dan wakil presiden. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat integritas pemilu dengan meningkatkan pemahaman dan kesadaran netralitas kepala desa serta mengembangkan mekanisme pengawasan yang lebih efektif di tingkat lokal.

 

Kata Kunci : Netralitas, Kepala Desa, Pemilihan Umum

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI