DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MISKONSEPSI PADA SUBMATERI ASAM AMINO, PROTEIN, DAN ENZIM DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST DIAGNOSTIC
PENGARANG:RIZQA MASILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-18


Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi pemahaman konsep dan miskonsepsi mahasiswa pada submateri asam amino, protein, dan enzim menggunakan instrumen four-tier test diagnostic. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi mahasiswa pada materi kimia yang rumit dan sulit dipahami yang menimbulkan miskonsepsi, yaitu asam amino, protein, dan enzim. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 orang mahasiswa kelas A2 angkatan 2021 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Lambung Mangkurat. Pengumpulan data menggunakan instrumen four-tier test diagnostic yang terdiri dari 8 butir soal dengan membagi pemahaman konsep dalam kategori paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi. Teknik analisis data menggunakan hasil instrumen tes diagnostik four-tier mahasiswa yang diubah menjadi data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada submateri asam amino, protein, dan enzim dengan lima konsep yang diujikan sebesar 36,67% kategori paham konsep, sebesar 15,19% kategori tidak paham konsep, sedangkan sebesar 48,15% kategori miskonsepsi. Disimpulkan bahwa pemahaman konsep dan miskonsepsi mahasiswa berada dalam kategori sedang. Disarankan untuk perlunya diterapkan pembelajaran yang inovatif yang mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada submateri asam amino, protein, dan enzim.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI