DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2018-2022 MELALUI VARIABEL INTERVENING JUMLAH ZAKAT
PENGARANG:AYU FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-18


 

Ayu Fitriani (2024), Determinan Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2022 Melalui Variabel Intervening Jumlah Zakat. Pembimbing: Dr. Muzdalifah, SE, M.Si.

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengkaji dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial pertumbuhan ekonomi, penduduk bekerja terhadap jumlah zakat di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018-2022; (2) Mengkaji dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya, penduduk bekerjatahun sebelumnya serta jumlah zakat terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018-2022.Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu data panel 2018-2022 dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan Model Persamaan Simultan dengan bantuan E-views 12 metode Two-Stage Least Square (TSLS). Hasil penelitian tahap 1 menunjukkan hasil bahwa secara simultan Pertumbuhan Ekonomi dan Penduduk Bekerja diProvinsi Kalimantan Selatan berpengaruh signifikan terhadap Jumlah Zakat Provinsi Kalimantan Selatan. Namun, secara parsial hanya variabel Pertumbuhan Ekonomi yang berpengaruh negatif signifikan terhadap Jumlah Zakat di Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk penelitian tahap 2 menunjukkan hasil bahwa secara simultan variabel Pertumbuhan Ekonomi, Penduduk Bekerja dan Jumlah Zakat (prediktif) Provinsi Kalimantan Selatan berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan. Namun, secara parsial hanya variabel Pertumbuhan Ekonomi yang berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Penduduk Bekerja, Tingkat Kemiskinan dan Jumlah Zakat

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI