DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL STOIKIOMETRI BERBASIS ETNOKIMIA DENGAN MODEL NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:MAHDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-18


Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad ke-21. Namun, hasil tes PISA menunjukkan literasi sains Indonesia masih di bawah skor rata-rata internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis etnokimia dengan model Nature of Science (NoS) yang valid, praktis dan efektif sebagai bahan ajar dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi stoikiometri. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator dan 35 peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri 1 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas sebesar 97,12%, sangat praktis dengan skor kepraktisan sebesar 93,32% dan efektif dengan skor efektivitas sebesar 77,17%. Pembelajaran menggunakan e-modul yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori tinggi yaitu 0,77. Hasil analisis menunjukkan e-modul berbasis etnokimia dengan model Nature of Science (NoS) yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan literasi sains peserta didik khususnya pada materi stoikiometri.

 

Kata kunci: E-modul, stoikiometri, etnokimia, nature of science, literasi sains.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI