DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN HAK REMISI TERHADAP NARAPIDANA PEREMPUAN PENYANDANG DISABILITAS (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA MARTAPURA)
PENGARANG:SAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-19


Saidah. Februari 2024. PELAKSANAAN HAK REMISI TERHADAP NARAPIDANA PEREMPUAN PENYANDANG DISABILITAS (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA MARTAPURA). Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 110 Halaman, Pembimbing : Dr. Hj. Noor Hafidah, S.H., M.Hum.

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis mengenai praktik pelaksanaan hak Narapidana Perempuan penyandang disabilitas di Lembaga pemasyarakatan Perempuan kelas IIA Martapura. Jenis penelitian yg digunakan adalah jenis penelitian empiris atau penelitian lapangan Dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap petugas serta narapidana perempuan penyandang disabilitas pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Di LPP Martapura terdapat beberapa jenis remisi yang diberikan kepada narapidana, remisi dapat diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan tertentu, baik secara substantif maupun administratif. Dalam hal ini, pun terhadap narapidana penyandang disabilitas di LPP Martapura juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan remisi, namun harus memenuhi syarat tambahan melampirkan surat keterangan dari dokter mengenai penyakit yang diderita narapidana tersebut. Proses pemberian remisi di LPP Martapura sudah terlaksana dengan baik dan adil, tanpa adanya diskriminasi atau pembedaan antara narapidana biasa dengan narapidana penyandang disabilitas. Kedua, Dalam melaksanakan pemberian hak remisi terhadap narapidana perempuan penyandang disabilitas di LPP Martapura tidak terdapat kendala atau hambatan yang signifikan bagi petugas. Pelaksanaan remisi tersebut berjalan dengan cukup baik dan lancar, juga dalam prosesnya baik petugas maupun narapidana telah mengikuti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Kata Kunci (keyword) :Hak Remisi, Narapidana, Disabilitas, Lembaga Pemasyarakatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI