DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FeedAmi Prototipe Pakan Kucing Berbasis Tepung Larva Black Soldier Fly Sebagai Sumber Protein
PENGARANG:YULIA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-20


Meningkatan permintaan akan sumber protein berkelanjutan untuk pakan hewan, termasuk kucing. Bsf telah diakui sebagai sumber protein yang berkelanjutan dan berpotensi untuk digunakan dalam pakan hewan. Selain itu, keberlanjutan lingkungan dan kesehatan hewan menjadi perhatian utama dalam pengembangan pakan hewan.  Tepung larva bsf adalah makanan berbasis larva bsf yang dihasilkan dari proses pengolahan larva bsf. Larva bsf merupakan sumber protein alternatif yang berkelanjutan dan berpotensi untuk digunakan dalam pakan hewan.  Tepung larva bsf dapat digunakan sebagai sumber protein alternatif untuk budidaya unggas dan ikan, karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan benefis untuk kesehatan hewan.  Selain itu, proses pengolahan larva bsf menghasilkan biogas sebagai produk samping, yang dapat digunakan sebagai sumber energi.

Penelitian ini dilaksanakan selama dua tahun dari bulan Agustus 2022 - November tahun 2023 dan dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru dan Rumah Produksi Jl. Karang Anyar 2, Komplek Karang Anyar Griya Asri 2, Loktabat Utara, Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam pakan kucing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis laboratorium.

Hasil analisis nutrisi menunjukkan bahwa prototipe memenuhi standar dengan protein kasar minimal 29%, lemak kasar minimal 9%, serat kasar maksimal 7%, dan kelembaban maksimal 10%. Pakan ini menjawab kendala ketergantungan pada impor dengan mengandalkan bahan lokal, seperti maggot yang dihasilkan dari sampah buah-sayuran. Prototipe FeedAmi juga memiliki potensi ekonomis dan ramah lingkungan, mengingat tingginya kandungan protein pada larva BSF. Metode pemasaran yang digunakan mencakup referral, offline, dan online, dengan fokus pada promosi di komunitas peternak dan pemilik hewan kesayangan. Proses pemasaran diperkuat dengan pembentukan brand yang berfokus pada kualitas, kemasan menarik, dan layanan pelanggan yang responsif. Oleh karena itu, FeedAmi berhasil menciptakan rancangan sistem prototipe produk pakan kucing alternatif berbahan dasar Maggot bsf.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI