DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IZIN DISPENSASI NIKAH DI PENGADILAN AGAMA MARTAPURA
PENGARANG:SITI NUR ` HAFIZOH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


SitiNur’Hafizoh.Agustus2023.IZINDISPENSASINIKAHDIPENGADILAN

 

AGAMA MARTAPURA Skripsi,Program Sarjana Program Studi Hukum FakultasHukum Universitas Lambung Mangkurat, 69 halaman, Pembimbing Utama: Ibu Dr. Hj.RahmidaErliyani,S.H.,M.H.

 

ABSTRAK

 

Penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Pertimbangan hakim PengadilanAgamaMartapuradalammengabulkandispensasinikah.ProsesmekanismepengajuandispensasinikahdiPengadilanAgamaMartapura.

Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitianhukum empiris merupakan metode penelitian yang digunakan dalam studi hukumuntuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data empiris, datayang diperoleh dari pengamatan langsung atau pengalaman praktis dalam kontekshukumterkaitdenganizindispensasinikahdiPengadilanAgamaMartapura.

Menurut hasi penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa : Pertama : PertimbanganMajelis Hakim di Pengadilan Agama Martapura dalam mengabulkan dispensasinikah berdasar pada Undang-undang Perkawinan Pasal 7 ayat (2), bahwa bolehmengabulkanDispensasiNikahdibawahumurasalmempunyaialasanyangmendesak. Kedua : Permohonan dispensasi nikah dapat diberikan oleh pengadilanatau pejabat yang ditunjuk jika kedua belah pihkan telah memenuhi persyaratanpermohonan dispensasi nikah yang telah ditentukan dan telah memenuhi beberapatahapan-tahapandalampemeriksaan.

 

 

KataKunci:DispensasiNikah,Anak,Orangtua

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI