DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS TANUHI KECAMATAN LOKSADO
PENGARANG:Dina Novitasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


Dina Novitasari. 1810311220026. 2023. Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Ekonomi Masyarakat Sekitar Objek Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi Kecamatan Loksado. Dibimbing oleh Noor Rahmini.

 

Kalimantan Selatan Merupakan salah satu provinsi yang memiliki Potensi sumber daya alam yang melimpah. Kondisi geografis Dan karakteristik wilayahnya yang masih alami dan budaya masyarakatnya yang masih berorientasi kepada kearifan lokal menjadikan Kalimantan Selatan memiliki berbagai potensi daya tarik Wisata yang jika berhasil dikembangkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi sumber pendapatan bagi daerah maupun negara. Salah satu tempat wisata yang ada di Hulu Sungai Selatan yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan juga masyarakat adalah pemandian air panas Tahuhi. Air Panas Tanuhi dikatakan oleh Bupati Hulu Sungai Selatan sebagai salah satu objek wisata andalan, maka pihak terkait yang mengelola objek wisata tersebut akan terus berbenah untuk menarik jumlah pengunjung agar terus datang ke Air Panas Tanuhi. Tujuan penelitian ini untuk Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Ekonomi Masyarakat Sekitar Objek Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi Kecamatan Loksado. Pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.Dampak Secara langsung, yaitu Penginapan yang Disediakan di Objek Wisata Pemandian Air Panas mengalami Peningkatan, Pengelolaan Taman dan Kolam Menjadi Lebih Meningkat. Dampak Secara Tidak Langsung, Meningkatnya pendapatan pedagang sekitaran objek wisata seta dampak Pengikut yaitu Bertambahnya Usaha Masyarakat di Sekitar Objek Wisata.

 

 

 

Kata kunci: dampak pariwisata, objek wisata, ekonomi pembangunan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI