DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMPUTER (JEMPUT ANTER) PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUNAN DI UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH SAMSAT BANJARMASIN II
PENGARANG:ERVINA RAHMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


ABSTRAK

ERVINA RAHMAYANTI, 2010411320021, 2024. Efektivitas Pelayanan JEMPUTER (Jemput Anter) Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah SAMSAT Banjarmasin II. Di bawah bimbingan Dewi Purboningsih.

Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan adalah pelayanan yang di sediakan oleh Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) SAMSAT Kota Banjarmasin II untuk membantu wajib pajak. Berbagai inovasi terus diciptakan agar masyarakat dapat membayar pajak kendaraan di segala situasi, salah satunya adalah pelayanan JEMPUTER atau Jemput Anter pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan, namun layanan JEMPUTER memiliki permasalahan yaitu pengguna layanan yang sedikit. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai efektivitas Pelayanan JEMPUTER (Jemput Anter) Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah SAMSAT Banjarmasin II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas dan mengindentifikasi faktor penghambat pada pelayanan JEMPUTER di UPPD SAMSAT Banjarmasin II.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Pada penelitian ini menggunakan indikator pengukuran efektivitas oleh dua ahli yakni Duncan (1973) berupa pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Kemudian, indikator pengukuran efektifitas berikutnya menggunakan indikator oleh Siagian (1987) berupa waktu, kecermatan, dan gaya pemberian layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan JEMPUTER pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah SAMSAT Banjarmasin II menemukan hasil bahwa pelayanan yang ada pada layanan JEMPUTER di UPPD SAMSAT Banjarmasin II cukup efektif dikarenakan ada tiga indikator yang belum terlaksana secara optimal yaitu pada indikator integrasi, adaptasi, dan gaya pemberian layanan. Sedangkan pada tiga indikator lainnya, yakni penentuan tujuan, waktu dan kecermatan pada layanan JEMPUTER sudah terjalankan dengan baik dan efektif untuk membantu masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor tahunan. Kemudian, terdapat tiga faktor penghambat pada penelitian ini, yaitu kurangnya sosialisasi, tidak ada pembagian tugas, dan faktor cuaca (hujan).

Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan JEMPUTER, Layanan PKB, UPPD SAMSAT Banjarmasin II

 

 

ABSTRACT

ERVINA RAHMAYANTI, 2010411320021, 2024. Effectiveness of the JEMPUTER (Pick-up and Delivery) Service for Annual Motor Vehicle Tax Payments at the SAMSAT Banjarmasin II Regional Revenue Service Unit. Under the guidance of Dewi Purboningsih.

The Annual Motor Vehicle Tax (PKB) Payment Service is a service provided by the SAMSAT Banjarmasin II City Regional Revenue Service Unit (UPPD) to help taxpayers. Various innovations continue to be created so that people can pay vehicle tax in all situations, one of which is the JEMPUTER service or Pick Up Delivery for annual motor vehicle tax payments, however the JEMPUTER service has a problem, namely that there are few service users. Thus, researchers are interested in knowing in depth the effectiveness of the JEMPUTER (Pick-up and Delivery) Service for Annual Motor Vehicle Tax Payments at the SAMSAT Banjarmasin II Regional Revenue Service Unit. The aim of this research is to determine the effectiveness and identify inhibiting factors inJEMPUTER services at UPPD SAMSAT Banjarmasin II.

The research method used is a qualitative descriptive research method with data collection through observation, interviews and documentation. Technical data processing through data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

This research uses effectiveness measurement indicators by two experts, namely Duncan (1973), in the form of goal achievement, integration and adaptation. Then, the next indicator for measuring effectiveness uses indicators by Siagian (1987) in the form of time, accuracy and style of service delivery. The results of the research show that the effectiveness of the JEMPUTER service for paying annual motor vehicle tax at the SAMSAT Banjarmasin II regional revenue service unit found that the services available in the JEMPUTER service at UPPD SAMSAT Banjarmasin II are quite effective because there are three indicators that have not been implemented optimally, namely the integration indicators, adaptation, and service delivery styles. Meanwhile, the other three indicators, namely determining objectives, time and accuracy, have implemented the JEMPUTER service well and effectively to help the public pay the annual motor vehicle tax. Then, there were three inhibiting factors in this research, namely lack of socialization, no division of tasks, and weather factors (rain).

Keywords: Effectiveness of JEMPUTER Services, PKB Services, UPPD SAMSAT Banjarmasin II Services, UPPD SAMSAT Banjarmasin II

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI