DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA INTELLECTUAL CAPITAL, INSTITUSIONAL OWNERSHIP, INDEPENDENT COMMISSIONER, RISK DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL (Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022)
PENGARANG:YULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-22


ABSTRAKSI  

Yulia (2023). Pengaruh Kinerja Intellectual, Institusional Ownership, Independence Commisioners, Risk dan Leverage terhadap Pengungkapan Intellectual Capital. Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019-2022)  Pembimbing I: Dr. Wahyudin Nor, SE, MSi, Ak, CA; Pembimbing II : Achmad Suhaili, SE, M.Si, Ak, CA   Penelitian ini bertujuan  untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh kinerja intellectual capital terhaadap pengungkapan intellectual capital; (2) untuk menganalisis pengaruh institusional ownership terhadap pengungkapan intellectual capital;  (3) untuk menguji dan menganalis menganalisis pengaruh menganalisa independent commissioner berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capita; l (4) menguji dan menganalis apakah risk berpengaruh terhadap pengungkapan Intellectual Capital dan (5) Menguji dan menganilisa apakah leverage berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital  

Sampel dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan data annual report dari tahun 2018 – 2022. Terdapat 45 unit analisis dimana data diolah dengan  analisis regresi regresi berganda menggunakan SPSS versi 25.   

Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pengungkapan intellectual capital perusahaan telekomunikasi secara keseluruhan cukup tinggi yaitudi atas 70%.  Temuan dalam penelitian ini yaitu independen commisioner dan risk berpengaruh positif terhadap pengungkapan intellectual capital, sedangkan institusional ownership ditemukan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan intellectual capital. Penelitian ini juga menemukan bahwa kinerja intellectual capital dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan intellectual capital.    

Kata Kunci: kinerja intellectual capital, pengungkapan intellectual capital, independent commisioner, risk dan leverage. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI