DIGITAL LIBRARY



JUDUL:URGENSI PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Desa Tumih Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala)
PENGARANG:RIZAL NUR SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-26


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui latar belakang filosofis, sosiologis, dan yuridis pembentukan peraturan desa tentang pembangunan desa di desa tumih. Selain itu, Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan pemerintah desa dalam pembentukan peraturan desa. Metode Penelitian yang Peneliti gunakan pada Penelitian ini adalah Penelitian hukum empiris. Penelitian empiris adalah jenis Penelitian yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data empiris atau data yang diperoleh melalui pengamatan, eksperimen, survei, atau wawancara. Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah jenis Penelitian deskriptif analisis, yang melibatkan pengumpulan dan penyajian data secara rinci mengenai manusia, situasi, atau fenomena tertentu.

Berdasarkan hasil Penelitian yang Peneliti lakukan, terdapat beberapa hasil yaitu : Pertama, Pembentukan peraturan di desa tumih dilatarbelakangi aspek  filosofis yakni Transparansi, Akuntabel, dan Aspiratif. Aspek sosiologis yakni aspek pembangunan desa itu sendiri dan aspek ekonomi. Serta aspek peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, Hambatan sekaligus tantangan yang dialami pemerintah desa tumih adalah kurang berperannya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pembentukan Peraturan desa.

 

Kata Kunci : Pembangunan Desa, Peraturan Desa, Pemerintah Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI