DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STRUKTUR EKOSISTEM MANGROVE DAN HUBUNGANNYA TERHADAP KUALITAS AIR DI TAMAN WISATA MANGROVE PULAU BURUNG KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:faisal
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-26


Faisal (1810716310014)Analisis Struktur Ekosistem Mangrove Dan Hubungannya Terhadap Kualitas Air Di Taman Wisata Mangrove Pulau Burung Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Bapak Dr. Frans Tony, S.Pi, MP. selaku Ketua Pembimbing dan Bapak Yuliyanto, ST, M.Si, selaku Anggota Pembimbing.

Taman Wisata Mangrove Pulau Burung merupakan wilayah yang termasuk dalam Kawasan Konservasi Perairan (KKP). Meskipun informasi mengenai Ekosistem Mangrove, khususnya Struktur Ekosistem Mangrove masih terbatas, penelitian diperlukan untuk memperoleh informasi lebih lanjut sehingga dapat menambah pemahaman yang lebih mendalam mengenai Struktur Ekosistem Mangrove. Pengambilan data Struktur Ekosistem Mangrove dilakukan dengan menggunakan metode Sample Plotmasing-masing stasiun penelitian terdapat 3 plot yang berukuran 10x10 m, digunakan untuk pengambilan data pohon, pengamatan dibantu dengan dokumentasi menggunakan kamera. Hasil dari analisis Struktur Ekosistem Mangrovepada lokasi pengamatan, didapat Jenis mangrove yang didominasi oleh jenis Rhizopora apiculate di 3 stasiun dengan kerapatan tertinggi pada stasiun 2 di kategorikan sangat padat , kemudian untuk kerapatan terendah berada di stasiun 3.

Untuk menguji Hubungan antaraKerapatanTerhadap Kualitas air, dilakukan analisis korelasi menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA). Pada hasil uji PCA, didapatkan Kerapatan terhadap Kualitas air berkorelasi positif dengan parameter suhu, salinitas, pH, DO, yang membentuk sudut lancip (< 90o ) .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI