DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dalam Memberdayakan Petani Muda di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.
PENGARANG:ELVINA MASRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


ABSTRAK

Elvina Masriana. NIM 1920422320029. 2023. Tesis. Efektivitas Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dalam Memberdayakan Petani Muda di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Terbatasnya generasi muda yang tertarik dan berminat untuk menjadi petani merupakan permasalahan utama dalam sektor pertanian di Indonesia. Keberadaan petani merupakan sebagai subjek utama yang akan menjalankan usaha pertanian. Jika tidak ada petani maka keberadaan sumber daya alam dan potensi lain akan sia-sia. Berdasarkan data BPS tahun 2021petani muda di Indonesia yang berusia antara  20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta orang, jumlah ini sekitar 8% dari 33,4 juta petani di Indonesia. Pemerintah Indonesia dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) telah menyepakati untuk mendukung dan melaksanakan Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Muda di sektor pertanian melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Program ini akan membantu meningkatkan jumlah petani muda atau petani yang memulai dari awal usaha pertaniannya. Kecamatan Karang Bintang memiliki jumlah Calon Penerima Manfaat (CPM)/Penerima Manfaatnya (PM) sebanyak 232 orang ditahun 2022, dari jumlah tersebut sekitar 162 Penerima Manfaat sudah diintervensi program YESS baik melalui pelatihan (BMP, Start Up, Literasi Keuangan, Proposal Bisnis), pendampingan maupun melalui Hibah Kompetitif.

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis efektivitas program YESS dalam memberdayakan petani muda di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat efektivitas program YESS dalam memberdayakan petani muda di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Analisis Data yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Pelaksanaan program program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) di Kecamatan Karang Bintang dapat dikatakan efektif. Indikator  efektifitas yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, input, proses, output dan pencapaian tujuan. Dalam penelitian ini peneliti hanya menemukan 3 faktor penghambat yaitu faktor ekonomi, faktor sosial budaya dan faktor geografi dan lingkungan.

 

Kata Kunci : Efektifitas, program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI