DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROBLEMATIKA JURU BAHASA ISYARAT PADA PROGRAM BERITA KALIMANTAN SELATAN HARI INI DI TVRI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:PUTERI RAHMATIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


Penelitian inidilatar belakangi problematika Juru Bahasa Isyarat pada program berita Kalimantan Selatan Hari ini yang tayang pada TVRI Kal-Sel. Juru bahasa isyarat (JBI) yang ada di program berita Kalimantan Selatan Hari ini merupakan bentuk dari kerja sama antara TVRI Kal-Sel dengan Program Studi Pendidikan Khusus yang berlangsung selama dua bulan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika juru bahasa isyarat pada saat persiapan sebelum siaran, saat siaran dan setelah siaran program berita Kalimantan Selatan Hari Ini di TVRI Kalimantan Selatan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer terdiri dari informan kunci yaitu 5 orang JBI. Sumber data skunder terdiri dari informan pendukung yaitu 2 orang perwakilan komunits Tuli, dan 1 orang pihak TVRI. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangualasi teknik dan sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa problematika yang dihadapi JBI yaitu: 1) Pada saat persiapan diantaranya adalah jarak rumah JBI, cuaca hujan, kemacetan, JBI tidak dapat berhadir sesuai jadwal, tidak ada briefing sebelum siaran, dan pembagian naskah berita tidak sama banyak, serta problematika ketika Tuli datang terlambat atau tidak hadir. 2) Problematika JBI saat siaran terdapat pada peralatan penunjang, kondisi studio kurang kondusif, kecepatan audio berita terlalu cepat, topik pembahasan dirasa sulit dan asing, serta sering lupa mengenai kosa kata isyarat yang sudah dipelajari sebelumnya. 3) Problematika JBI pada saat setelah siaran adalah evaluasi yang hanya pernah dilakukan pada siaran pertama, tanggapan dari pihak TVRI mengenai kemampuan berbahasa isyarat JBI berkaitan dengan kemampuan yang berbeda-beda, dan komentar yang diberikan oleh Tuli kepada JBI.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI