DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
PENGARANG:SUFY AMALIANOR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-28


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis problem based learning menggunakan liveworksheet pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba terdiri dari 35 peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) E-LKPD dikategorikan sangat valid dengan skor 90,56% 2) E-LKPD dikategorikan sangat praktis dengan skor 87,85% berdasarkan angket respon peserta didik 3) E-LKPD dikategorikan efektif dengan skor n-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi yang diperoleh dari hasil perhitungan soal pretest dan posttest literasi sains peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning menggunakan liveworksheet pada materi sistem pencernaan manusia valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP dalam pembelajaran IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI