DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Penjadwalan Menggunakan Metode PDM pada Proyek Peningkatan Ruas Jalan Mangkarap - Gumpa Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah dengan Bantuan Project 2019
PENGARANG:ASTRIYATI MAULIDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-28


Penjadwalan  proyek merupakan  salah  satu  elemen  hasil perencanaan yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek. Hal ini terkait dalam hal kinerja sumber daya berupa biaya, tenaga kerja, peralatan dan material serta rencana durasiproyekdan progresswaktuuntukmenyelesaikan   proyek. Proyek ini berfokus pada penyelesaian durasi total pada proyek Peningkatan Ruas Jalan yang berlokasi di Desa Mangkarap – GumpaKecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah.

Metode Precedence Diagram Methoddalam PDM pekerjaan digambarkan dengan node yang berbentuk segiempat pada umumnya, sedangkan garis panah digunakan sebagai penunjuk hubungan antar pekerjaan yang bersangkutan, pada PDM tidak membutuhkan kegiatan dummy.Pada PDM sebuah pekerjaan baru bisa mulai dikerjakan tanpa perlu menunggu predecessor100% selesai. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan metode tumpang tindih (overlapping).

Melalui hasil dari analisa pada penelitian ini, didapatkan durasi pada proyek Peningkatan Ruas Jalan yang berlokasi di Desa Mangkarap – Gumpa adalah 143 hari dan total durasi normal proyek mencapai 150 hari kerja, dimulai pada tanggal 03Juni 2022 dan berakhir pada tanggal 30Oktober 2022.  Pekerjaan dimulai dari mobilisasi sampai dengan marka jalan termoplastik.

 

Kata kunci:Jalan, Barito Timur, Penjadwalan,Precedence Diagram Method, Project2019

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI