DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Skrining Fitokimia dan Uji Aktivitas Antiinflamasi Ekstrak serta Fraksi Daun Benalu Batu (Paraboea kalimantanensis) dengan Metode Uji Penghambatan Denaturasi Protein
PENGARANG:FAHRURAZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-01


SKRINING FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIINFLAMASI EKSTRAK SERTA FRAKSI DAUN BENALU BATU (Paraboea kalimantanensis) DENGAN METODE UJI PENGHAMBATAN DENATURASI PROTEIN (Oleh Fahrurazi; Pembimbing: Sutomo, Fadlilaturrahmah; 2023; 53 halaman)

 

Benalu batu (Paraboea kalimantanensis) merupakan salah satu tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat kalimantan sebagai obat. Secara empiris, masyarakat menggunakan air rebusan daun P. kalimantanensis sebagai obat antikanker. Salah satu penyebab kanker adalah inflamasi yang terjadi secara kronis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil skrining fitokimia dan mengetahui aktivitas antiinflamasi ekstrak serta fraksi daun P. kalimantanensis berdasarkan nilai IC50 dan dibandingkan dengan natrium diklofenak sebagai kontrol positif. Skrining fitokimia dilakukan dengan metode uji tabung dan aktivitas antiinflamasi ditentukan secara in vitro menggunakan metode uji penghambatan denaturasi protein. Hasil skrining fitokimia adalah ekstrak serta fraksi daun P. kalimantanensis mengandung beberapa metabolit sekunder seperti alkaloid, steroid, tanin, fenolik, flavonoid, dan saponin. Hasil uji aktivitas antiinflamasi menunjukkan nilai IC50 natrium diklofenak, ekstrak etanol, fraksi n-heksana, fraksi etil asetat, dan fraksi n-butanol daun P. kalimantanensis berturut-turut sebesar 29,911 ppm; 22,530 ppm; 46,340 ppm; 11,308 ppm; dan 46,418 ppm. Hasil tersebut menunjukkan ekstrak etanol dan fraksi etil asetat daun P. kalimantanensis memiliki aktivitas antiinflamasi yang lebih baik dibandingkan dengan natrium diklofenak. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna nilai IC50 setiap sampel jika dibandingkan dengan natrium diklofenak dengan nilai signifikansi 0,05 (p ≤0,05).

 

Kata Kunci: P. kalimantanensis, benalu batu, skrining fitokimia, antiinflamasi, denaturasi protein

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI