DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KARAKTER DALAM LEGENDA DATU-DATU BAKUMPAI
PENGARANG:Hindun Fariana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-28


ABSTRAK

 

Dalam penelitian ini, istilah legenda yang digunakan adalah legenda yang  mengacu  pada kehidupan datu-datu Bakumpai yang ada di kabupaten Barito Kuala.Hal ini karena di dalam legenda datu-datu Bakumpai  ternyata ada nilai karakter yang bisa untuk dijadikan contoh teladan bagi generasi yang akan datang. Selain itu juga dimaksudkan, agar sebagai generasi penerus mereka dapat lebih menghargai dan selalu melestarikan  karya sastra, khususnya legenda yang berpegang teguh pada akar budaya daerah  sendiri karena legenda datu yang  diteliti kali ini adalah legenda tentang; Datu Karamat Bakul, Datu Ulin dan Datu Kubah.

Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian yang berbentuk kualitatif. Hal ini dikarenakan sifatnya yang alamiah dan data yang diperoleh adalah data asli yang berasal dari informan yang merupakan penduduk asli setempat yang sudah lama bermukim di wilayah ini, yaitu penduduk asli Bakumpai yang ada di kabupaten Barito Kuala sendiri. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif ini karena beberapa pertimbangan. Pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda; Kedua, metode ini menyajikan langsung hakikat hubungan antara peneliti dengan responden; dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan

pada nilai-nilai yang dihadapi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai   berikut; (a) dari ketigalegenda Datu-Datu Bakumpai  ada 10 wujud niai karakter yang dapat kita jadikan contoh  teladan  yang baik,yaitu; 1) nilai karakter religius (NKR), 2) nilai karakter jujur (NKJ), 3) nilai karakter tanggung jawab (NKTj), 4) nilai karakter disiplin (NKD), 5) nilai karakter kerja keras (NKKk),6) nilai karakter percaya diri (NKPd), 7) nilai karakter Cinta Ilmu(NKCI), 8) nilai karakter cerdas, 9) nilai karakter pluralis, dan 10) nilai karakter sukamenolong  (NKSM).(2) Ada keterkaitan antara  beberapa nilai karakter yang terdapat dalam legenda datu-datu Bakumpai yang juga merupakan karakter masyarakat Bakumpai dan sangat menonjol dalam kehidupan sosial budaya  sehari-hari mereka, yaitu : 1) nilai karakter religius, 2) nilai karakter suka menolong, 3) nilai karakter kerja keras,  dan 4) nilai karakter pluralis. Nilai-nilai karakter ini tumbuh dan sudah menjadi darah daging dalam kehidupan sosial budaya kebanyakan masyarakat Bakumpai yang merupakan turunan atau warisan dari para pendahulu mereka sebelumnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI