DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 6 BANJARMASIN PADA KONSEP PROTISTA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
PENGARANG:MUHAMMAD NOR MANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-28


MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 3 SMAN 6 BANJARMASIN PADA KONSEP PROTISTA MELALUI PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Oleh: Muhammad Nor Mansyah ; Pembimbing: Noorhidayati, Mulyadi; 2018 ; 95 Halaman)

 

ABSTRAK

 

Aktivitas belajar relatif rendah disebabkan oleh pembelajaran hanya terfokus pada informasi yang diberikan guru. Hasil belajar siswa di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 70 untuk materi Biologi hanya tercapai sekitar 70% siswa kelas X MIA 3. PTK sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas yang secara tidak langsung juga berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa,  dan (3) mendeskripsikan respon siswa kelas X MIA 3 SMAN 6 Banjarmasin pada konsep Protista melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa dengan 8 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan per siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang diamati meningkat dari siklus I (84,13) ke siklus II (96,19). Hasil belajar kognitif produk yang dinilai melalui post tes meningkat dari siklus I (63,30%) ke siklus II (96,43%). Hasil belajar proses yang dinilai melalui LKPD meningkat dari siklus I (58) ke siklus II (83). Hasil belajar afektif perilaku berkarakter yang diamati meningkat dari siklus I (78,56) ke siklus II (95,90). Hasil belajar afektif perilaku sosial yang diamati meningkat dari siklus I (76,59) ke siklus II (93,71). Hasil belajar psikomotor siswa yang diamati meningkat dari siklus I (67,74) ke siklus II (88,87). Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif sebesar 93,33%.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, PTK, Inkuiri Terbimbing, Protista

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI