DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENGARUH KONSENTRASI KITOSAN PADA SINTESIS KOMPOSIT ARANG-KITOSAN TERIKAT-SILANG EPIKLOROHIDRIN TERHADAP KEMAMPUANNYA DALAM MENGADSORPSI ZAT WARNA NAPHTHOL BLUE BLACK
PENGARANG:SALMA NUR AIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


Sintesis komposit arang-kitosan terikat-silang epiklorohidrin (ACCE) sebagai adsorben zat warna naphthol blue black telah dilakukan karena kapasitas adsorpsi dari arang aktif kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gugus fungsi dan kadar air komposit ACCE, serta mendapatkan data pengaruh konsentrasi kitosan terhadap kemampuan adsorpsinya di dalam komposit ACCE sebagai adsorben zat warna naphthol blue black. Komposit ACCE terdiri dari campuran arang aktif dan larutan kitosan dari berbagai variasi rasio yang diikat silang menggunakan epiklorohidrin kemudian dianalisis pengaruh waktu kontak, pH, dan konsentrasi awal terhadap kemampuan adsorpsi zat warna naphthol blue black. Hasil karakterisasi spektra FTIR pada komposit ACCE menunjukkan bahwa telah terjadi interaksi antara arang aktif dan kitosan terikat-silang epiklorohidrin, hal tersebut dibuktikan dengan bilangan gelombang 2377 cm-1 yang muncul pada spektrum komposit ACCE yang diidentifikasikan sebagai N-H tekuk. Pengaruh waktu kontak dengan variasi menunjukkan bahwa waktu kesetimbangan tercapai pada waktu 30 menit. Pengaruh pH optimum menunjukkan bahwa persentase adsorpsi paling tinggi terjadi pada pH netral yaitu pada komposit AC8CE2 mencapai 10,26 mg/g, hal tersebut dikarenakan adanya pengikat-silang dapat meningkatkan stabilitas kitosan. Pengaruh konsentrasi awal terhadap kemampuan adsorpsi menunjukkan semakin meningkatnya konsentrasi awal, maka akan meningkatkan kemampuan adsorpsi dari zat warna naphthol blue black yaitu pada komposit AC8CE2 mencapai 32,86 mg/g, komposit AC8CE4 mencapai 29,49 mg/g, komposit AC8CE6 mencapai 26,06 mg/g dan komposit AC8CE8 mencapai 28,08 mg/g.

Kata Kunci: Adsorpsi, komposit arang-kitosan terikat-silang epiklorohidrin, arang aktif, kitosan, epiklorohidrin, naphthol blue black.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI