DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INOVASI DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Kuliner Di Kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin Utara)
PENGARANG:AMELIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-03


Ameliani (2024). Pengaruh Inovasi dan Kompetensi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada UMKM Kuliner di Kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin Utara). Pembimbing: Widyarfendhi.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Kuliner di Kelurahan Sungai Miai; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM Kuliner di Kelurahan Sungai Miai.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif kausal. Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner (angket) yang diberikan kepada responden. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh adalah 40 pelaku UMKM Kuliner pada sektor mikro di Kelurahan Sungai Miai yang telah menjalankan usahanya minimal 1 tahun. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat analisis menggunakan software Statistical Products and Solution Service (SPSS) 26.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keunggulan bersaing, variabel independen kompetensi kewirausahaan berpengarung positif dan signifikan terhadap variabel dependen keunggulan bersaing.

Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Inovasi, Kompetensi Kewirausahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI