DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN GEREJA KALIMANTAN EVANGELIS (GKE) EPPATA DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2000-2020
PENGARANG:BEATRIS LUSMARIA PUTRI SAMAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


Keberadaan GKE Eppata Banjarmasin diawali dengan kedatangan misionaris asal Jerman yang tergabung dalam organisasi Rheinische Missionsgezelschaft zu Barmen (RMG). Para misionaris membangun sebuah gereja Kristen Protestan pada tahun 1842 karena melihat masyarakat Kota Banjarmasin tidak memiliki tempat beribadah. Saat ini GKE Eppata Banjarmasin merupakan salah satu gereja tertua di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah dan perkembangan GKE Eppata di Kota Banjarmasin serta aktivitas dan pelayanannya dari tahun 2000-2020.

Metode penelitian sejarah yang digunakan untuk menelusuri data-data yang berkaitan dengan perkembangan gereja, terdiri dari Heuristik, Interpretasi, Kritik, dan Historiografi. Heuristik atau pengumpulan data, baik data primer maupun sekunder. Sumber data didapatkan dari 3 hal sumber lisan dari wawancara, sumber tertulis yaitu jurnal, buku, maupun skripsi, dan sumber benda yang didapat saat peneliti melihat keadaan gereja. Setelah data terkumpul tahap berikutnya yaitu kritik sumber, dilanjutkan dengan interpretasi dan historiografi atau penulisan.

Hasil penelitian bahwa GKE Eppata Banjarmasin saat ini menjadi salah satu gereja tertua di Kota Banjarmasin yang sudah berdiri sejak tahun 1842. Sejarah dan perkembangan gereja ini diawali oleh misionaris asal Jerman yang menjalankan misi Perkabaran Injil ke Banjarmasin masyarakat Kristen Protestan di Banjarmasin yang tidak mempunyai tempat beribadah. Aktivitas kebaktian di gereja ini dilakukan rutin, peran gereja untuk pelayanan dilakukan terhadap jemaat gereja maupun masyarakat. Gereja ini juga merupakan gereja umum yang menyatukan masyarakat Kristen Protestan dari berbagai suku bangsa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI