DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AKUNTANSI KONSERVATIF (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)
PENGARANG:DIKY WAHYUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


Diky Wahyudin (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Akuntansi Konservatif pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Pembimbing: Novika Rosari, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap akuntansi konservatif pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 hingga 2021.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan industri manufaktur yang terdaftar dan melaporkan laporan keuangan tahunannya berturut – turut di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018 hingga 2021. Pengambilan sample menggunakan purposive sampling sehingga menghasilkan jumlah sample sebanyak 141 perusahaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap variabel dependen akuntansi konservatif.

Kata Kunci: Akuntansi Konservatif, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI